Friday, 14 October 2016

Cara Menerbitkan Novel


1.      Tulislah Naskah yang Berkualitas
Yah, setiap penerbit pasti menginginkan setiap naskah yang masuk adalah naskah-naskah yang berkualitas. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena sebagai penulis pemula pun bukan berarti kamu tidak bisa membuat naskah yang berkualitas.

2.      Bacalah Buku-buku yang sudah diterbitkan  oleh Penerbit yang Kamu Tuju
Membaca buku-buku yang sudah diterbitkan oleh penerbit mayor memanglah sangat penting. Apalagi membaca buku-buku penerbit yang akan kamu tuju. Di situ kamu akan tahu kriteria buku seperti apa yang mereka inginkan.  Jadikanlah sebagai bahan acuan jika kamu ingin menerbitkan novel di penerbit yang kamu tuju.

3.      Lihat Peluang Pasar
Yah, melihat peluang pasar. Coba lihat tahun sekarang sedang tren novel bergenre apa? Apakah
Romance, horror, fantasy dll. Jika tahun sekarang sedang tren novel tentang percintaan. Maka buatlah novel yang bergenre romance . karena dipastikan penerbitpun akan memilih novel yang laku di pasaran. Atau bisa juga kamu memanfaatkan tren di Indonesia yang sedang booming . misalnya sekarang  sedang musim Boysband korea, tidak ada salahnya kalau kamu menulis novel tentang  Boysband korea. Karena kemungkinan besar novelmu akan diincar oleh para K-Pop.

4.      Ketika Akan Mengirimkan Naskah ke Penerbit, Penuhi Syarat dan Ketentuannya
Setiap penerbit pasti sudah punya standard dan syarat ketentuannya masing-masing. Baca dengan cermat apa saja syarat dan kentuannya bila ingin mengirimkan naskah novel di penerbit tersebut. Ingat jangan sekali-kali kamu mengirimkan naskah novelmu ke penerbit yang sudah jelas-jelas hanya menerbitkan buku pelajaran. Sudah pasti akan di tolak mentah-mentah naskahmu. Jadi, sebelum mengirim naskahmu ke penerbit cermati terlebih dahulu syarat dan ketentuannya  ya.

5.      Buat Surat Pengantar Naskahmu
Alangkah lebih baiknya jika kamu hendak mengirimkan naskahmu ke penerbit. Buatlah surat pengantar yang baik dan sopan. Ini akan menjadi nilai plus  buatmu.

6.      Cantumkan Data Diri
Ini adalah bagian yang tidak boleh terlewatkan. Tidak lucu dong, kalau seandainya novel kamu diterima oleh penerbit dan hendak akan diterbitkan, ternyata  penerbit tidak bisa menghubungimu dikarenakan kamu lupa mencantumkan biodatamu. Kamu bisa mencantumkan nama lengkapmu, alamat rumah yang jelas, no tlpn, alamat email, atau bahkan medsos kamu.

7.      Aktif di Media Sosial
Kamu bisa aktif di media sosial mana pun. Entah itu facebook, twitter, instagram dll.  Perkenalkanlah dirimu ke banyak orang melalui media social tersebut. Karena biasanya penerbit akan semakin tertarik jika kamu sudah dikenal banyak orang di dunia maya. Bukannya tanpa alasan, namun dengan  demikian kamu bisa lebih mudah promosi novel di medsos. 
     

1.      Sabar Menunggu Jawaban Naskahmu
     Yah, biasanya penerbit akan menyeleksi setiap naskah yang masuk. Dan hal itu biasanya memakan waktu 3 sampai 4 bulan. Harap maklum berhubung banyak sekali naskah yang masuk. Jadi kamu harus sabar ya. Jika dalam waktu yang sudah ditentukan Naskahmu masih belum ada kabar. Silahkan untuk menghubungi pihak penerbit.

No comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan baik
Komentar yang mengandung link aktif akan dihapus secara otomatis